Informasi Seputar Dunia Otomotif

Nov 23, 2015

Tips Merawat Knalpot Motor

Topik Oto - Knalpot adalah alat yang berfungsi untuk membuang gas hasil pembakaran pada mesin motor. Fungsi lain dari knalpot adalah untuk menunjang penampilan motor anda. Tak heran jika banyak bikers yang rela merogoh kocek dalam demi untuk mengganti knalpot motor standar dengan yang baru, untuk mempercantik penampilan motornya.

Namun, perlu anda tahu bahwa, knalpot motor merupakan bagian yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam hal perawatan. Hal ini karena knalpot sangat mudah mengalami korosi (karatan) dan bocor. Jika itu terjadi secara otomatis akan menimbulkan suara yang keras dan juga berisik, selain itu juga memperburuk tampilan motor anda.

Seberapa Sering Anda Merawat Knalpot Motor Anda?
Jujur, kalau saya ditanyai pertanyaan diatas maka jawabannya adalah jarang. Makanya tak heran jika knalpot motor saya mengalami karatan dan pada akhirnya menyebabkan kebocoran.

Tentunya hal ini membuat motor ketika dipanaskan  gas keluar dari lubang yang bocor. Apalagi ketika baru selesai dicuci lalu mesinnya dipanaskan maka asapnya akan nampak.

Penyebab Karat Pada Knalpot?

Sebab utama yang menyebabkan karat pada knalpot adalah karena terjadinya perbedaan suhu antara bagian luar dan dalam knalpot. Akibatnya knalpot akan mudah mengalami karatan apalagi jika sering digunakan didaerah berpasir, seperti pantai..

Jika tidak segera dibersihkan akan mempercepat karatan dan lama kelamaan akan membuat lubang dan menjadikan kebocoran.

Penyebab lainnya adalah karena bercampurnya kotoran dan air yang melekat pada knalpot dan terjadinya endapan air pada sistem pembuangan knalpot.

Biasanya terjadi pada saat musim hujan, pada umumnya pengendara motor tidak segera membersihkan knalpot motor mereka. Hingga akhirnya akan menyebabkan karatan dan kebocoran.

Tips Merawat Knalpot Motor

Guna menghindari karat pada knalpot motor yang bisa menyebabkan kebocoran diperlukan perawatan secara berkala, untuk itu anda bisa melakukan beberapa tips sederhana berikut ini:

  • Sebelum diberi oli lakukan penyikatan dengan menggunakan sikat kawat pada knalpot untuk menghilangkan kerak.
  • Setelah disikat berilah oli pada lubang knalpot, hal ini bertujuan untuk menghindari perubahan warna yang diakibatkan oleh panas. Lakukan langkah ini sekurangnya 2 bulan sekali
  • Periksa pula bagian leher knalpot dan berikan pelumas oli agar karat dan kotoran bisa hilang
  • Selalu pastikan kondisi knalpot anda dalam kondisi kering, terutama bila sudah digunakan dalam kondisi hujan, segeralah keringkan knalpot anda anda. Juga setelah motor selesai dicuci.
Semoga Artikel ini bermanfaat. Simak Juga Artikel Ini: Ternyata Ini Fungsi Lubang Pada Rem Cakram

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Merawat Knalpot Motor

0 comments:

Post a Comment