Informasi Seputar Dunia Otomotif

Nov 21, 2015

Inilah Fungsi Lubang Pada Rem Cakram

Topik Oto - Apakah anda memiliki motor yang menggunakan rem cakram, atau pernahkah anda melihat motor yang menggunakan rem cakram? Pasti sudah sering dan tentu sudah tidak asing lagi untuk kita.

Tetapi pernahkah anda perhatikan rem cakram motor anda? bentuknya tentu saja seperti cakram dan memiliki banyak lubang kecilnya, kan? Tahukah anda apa fungsi dari lubang yang ada pada rem cakram.

Lubang yang terdapat pada rem cakram ternyata memiliki fungsi yang bukan hanya untuk mengurangi panas saat terjadi pengeremannya saja.

Fungsi lainnya dari lubang pada rem cakram yaitu untuk mengurangi berat dan memperluas penampang pelepasan panas pada saat terjadi pengereman.

Tenaga pengereman yang dihasilkan oleh sebuah rem cakram juga dipengaruhi oleh diameter cakram atau piringan rem juga lebar dari kampas rem.

Fungsi lubang pada rem cakram juga menjadikannya lebih baik dibandingkan rem tromol, karena memiliki sistem terbuka. Berbeda dengan rem tromol yang tertutup, kampas rem menempel ke tromol yang mengakibatkan daya pengeremannya hanya sebesar 70% saja.

Baca Juga:Cara Merawat Knalpot Motor

Karena menggunakan sistem pengereman yang tertutup, maka rem tromol lebih gampang terkena panas saat terjadi proses pengereman. Juga ketika menerjang banjir, maka rem tidak akan pakem lagi karena seluruh perangkat rem terendam oleh air.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Fungsi Lubang Pada Rem Cakram

0 comments:

Post a Comment