Informasi Seputar Dunia Otomotif

Nov 23, 2015

Manfaat Dari Kaca Spion untuk Kendaraan

Topik Oto - Kaca spion adalah komponen yang penting pada sebuah kendaraan bermotor, memiliki ukuran yang kecil dan sering kali di sepelekan oleh pemilik kendaraan bermotor. Tapi Ternyata, si kecil ini memiliki manfaat yang cukup penting bagi sebuah kendaraan bermotor.

Pada dasarnya kaca spion sudah lama ditemukan, sejak pertama kali kendaraan bermotor ditemukan. Sampai saat ini kaca spion adalah komponen wajib ada pada sebuah kendaraan bermotor.

Pada kendaraan roda dua kaca spion jumlahnya ada dua buah yaitu, satu dibagian kiri dan satu di kanan, sedangkan bagi kendaraan roda empat jumlahnya bisa bervariasi mulai dari dua hingga empat buah kaca spion.

Fungsi Kaca Spion
Tidak mungkin kaca spion dibuat kalau tidak untuk memenuhi fungsi tertentu. Dan kami telah merangkum 6 diantaranya.


1.Mencegah Tabrakan Saat Pindah Jalur

Ketikan melakukan perpindahan jalur. Maka anda sebagai pengemudi harus melihat kaca spion. Dengan begitu terjadinya kecelakaan saat perpindahan jalur dapat diminimalkan.

2.Melihat Lalu Lintas yang Ada di Belakang

Terkadang kita perlu melihat lalu lintas yang ada dibelakang kita, dan dengan kaca spion kita akan terbantu karena tidak perlu menoleh kebelakang untuk melihat lalu lintas dibelakang.

Dengan begitu kita mengetahui apakah posisi kendaraan kita menghalangi kendaraan lainnya.

3.Membantu Saat Melakukan Parkir

Banyak kejadian mobil menyenggol atau menggores mobil atau benda disekitarnya, karena tidak memanfaatkan spion.

Dengan kaca spion kita akan terbantu saat hendak melakukan manuver parkir, dan melihat kondisi disekitarnya.

4.Menjadi Pedoman Posisi Kendaraan

Ketika kita menggunakan kendaraan roda empat terkadang kita kesulitan untuk memastikan, apakah kendaraan kita tidak terlalu mepet.

Agar kita mengetahui apakah kendaraan kita terlalu mepet atau tidak, anda bisa manfaatkan kaca spion untuk melihat bagian sisi kendaraan.

5.Membantu Ketika Memundurkan Kendaraan

Dengan adanya kaca spion akan membantu anda untuk melihat posisi dibelakang saat hendak memundurkan kendaraan, terutama kendaraan yang beroda empat atau lebih.

6.Sebagai Aksesoris
Saat ini fungsi spion tidak hanya sekedar untuk membantu mengoprasikan kendaraan, tetapi lebih dari itu saat ini spion juga sering dijadikan aksesoris untuk memperindah penampilan kendaraan.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Knalpot Biar Gak Karatan

Banyak sekali variasi model dan warna kaca spion yang tersedia dipasaran saat ini. Selain dapat membantu anda dalam mengoprasikan kendaraan anda, tetapi juga dapat mendongkrak penampilan kendaraan yang anda miliki menjadi lebih keren.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Dari Kaca Spion untuk Kendaraan

0 comments:

Post a Comment