Informasi Seputar Dunia Otomotif

Jan 29, 2016

5 Tips Mengatasi Mobil Susah Distarter Di Pagi Hari

5 Tips Mengatasi Mobil Susah Distarter Di Pagi Hari - Pagi anda bisa menjadi sangat merepotkan jika ketika anda buru-buru akan berangkat ke kantor ataupun ingin mengantarkan anak ke sekolah tiba-tiba susah distarter di pagi hari. Biasanya mobil yang sering mengalami hal ini adalah mobil yang menggunakan sistem bahan bakar karburator, dan biasanya penyebabnya adalah karena karburator banjir, busi sudah lemah, atau terlalu hemat bbm.

5 Tips Mengatasi Mobil Susah Distarter Di Pagi Hari

Ada beberapa penyebab mobil susah distrater di pagi hari dan berikut Topik Oto akan memberi infonya.

Baca juga: Cara Memanaskan Mobil Sistem Injeksi

1.Tegangan Aki/Baterai Kurang
Jika saat anda start mobil anda, motor starter tidak mau berputar atau kalau pun berputar putarannya lambat, maka bisa jadi tegangan aki yang kura adalah penyebabnya. Untuk memastikanya anda bisa cek tegangan aki/baterai mobil anda dengan menggunakan multitester/avo meter. Dari banyak kasus aki yang sudah loyo maka akan menyebabkan mobil susah distarter. Jika memang itu yang terjadi, maka solusinya adalah mengisi kembali aki anda atau beli baru. atau menggunakan cara darurat yaitu dengan mendorong mobil anda cuma untuk cara ini anda akan membutuhkan tenaga ekstra.

2.Busi Bermasalah
Jika busi mobil anda kotor atau pun celahnya terlalu besar maka bisa berakibat mobil sulit dihidupkan. Cara memastikanya adalah dengan membuka busi kendaraan anda dan coba cek apakah businya kotor. Untuk mengukur celah busi anda bisa menggunakan alat yang bernama feller gauge.

3.Karburator Banjir
Bagi anda yang menggunakan mobil yang menggunakan sistem pembakaran karburator, biasanya yang menjadikan penyebab dari sulit dihidupkannya kendaraan adalah karena karburatornya banjir. Untuk memeriksanya anda bisa membongkar karburator mobil anda dan menyetel kembali pelampungnya. Jika anda merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri maka anda bisa membawanya ke bengkel terdekat.

4.WTS Bermasalah
Ini terjadi pada mobil yang menggunakan sistem injeksi. WTS adalah sebuah sensor yang akan mendeteksi suhu mesin mobil anda. Jika sistem ini mengalami masalah makan mesin akan mengalami susah untuk dihidupkan.

5.Pompa Bensin Lemah
Tugas pompa bensin adalah untuk memompa bensin dari tangki menuju karburator. Jika pompa bensin sudah lemah maka akibatnya  aliran bensin menjadi tidak lancar sehingga mesin akan sulit untuk dihidupkan. Namun ada trik khusus untuk mengatasi masalah ini. ketika kondisi kunci kontak sudah dalam posisi "ON" namun anda tidak mendengar suara bunyi pompa bensin, berilah pukulan ringan beberapa kali. Biasanya cara ini akan membuat pompa bensin hidup kembali.

Nah seperti itulah 5 Tips Mengatasi Mobil Susah Distarter Di Pagi Hari. Semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Tips Mengatasi Mobil Susah Distarter Di Pagi Hari

0 comments:

Post a Comment