Informasi Seputar Dunia Otomotif

Nov 22, 2015

Motor Injeksi: Haruskah Pakai Pertamax?

Topik Oto - Terkadang memang menjadi dilema tersendiri ketika kita memilih bahan bakar yang cocok untuk motor injeksi. Haruskah menggunakan pertamax atau bolehkah memakai premium. Pertamax harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan premium.

Namun tak sedikit yang bilang kalau motor yang menggunakan teknologi injeksi harus menggunakan pertamax, benarkah demikian?

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai benarkah motor injeksi harus menggunakan pertamax. Dari berbagai sumber yang saya baca, saya menyimpulkan bahwa memang pertamax adalah pilihan terbaik untuk motor injeksi.

Kebanyakan motor injeksi yang diproduksi oleh perusahaan motor seperti Honda, Yamaha ataupun Suzuki masih bisa menggunakan premium. Hanya beberapa saja yang mengharuskan menggunakan pertamax.

Misalnya, Honda CBR125 terbaru.
Syarat Harus Menggunakan Pertamax Bagi Motor Injeksi
Untuk mengetahui apakah motor injeksi wajib menggunakan pertamax, adalah dengan melihat kompresi mesin motornya.

Jika rasio dari kompresi mesinnya adalah 10:1 maka wajik menggunakan pertamax. Memang masih bisa jika menggunakan premium. Namun, akan berdampak pada sulitnya untuk menghidupkan motor. Hal ini disebabkan karena kadar oktan dalam premium kurang tinggi.

Sedangkan, motor-motor yang menggunakan sistem injeksi yang ada saat ini mesinnya masih memiliki rasio dibawah 10:1 sehingga masih bisa aman walaupun menggunakan premium. Namun, tentu akan memberikan performa yang berbeda jika menggunakan pertamax dibandingkan dengan menggunakan premium.

Motor injeksi memang akan memberikan performa yang lebih baik jika menggunakan pertamax. Dan juga pertamax memang lebih irit.

Hal ini disebabkan oleh sifat pertamax yang lebih mudah terbakar secara sempurna, sehingga meminimalkan bahan bakar terbuang percuma karena pembakaran yang tidak sempurna.

Selain itu, pertamax juga memiliki kandungan zat pembersih sehingga jika ada kotoran akan mudah terbuang.

Berbeda dengan premium yang tidak memiliki kandungan zat pembersih, sehingga jika ada kotoran maka tidak akan mudah terbuang, dan ini disebut dengan penumpukan karbon.

Jadi, bila motor injeksi terlalu sering menggunakan bahan bakar premium, maka akan bersiko mengalami masalah pada sistem injeksinya. Dikarenakan penumpukan karbon, yang menyumbat.

Apalagi jika kita sering mengggunakan motor dengan pelan-pelan maka penumpukan karbon akan lebih cepat terjadi. Jadi jika anda menggunakan motor injeksi dengan bahan bakar premium jalankanlah, dengan kecepaatan yang sesuai.

Baca Juga: Motor Injeksi Gak Boleh Habis Bensin?

Jika anda memang suka berkendara dengan keceptan yang pelan, maka sebaiknya motor injeksi anda diberi bahana bakar pertamax, selain lebih irit tetapi juga performanya juga akan menigkat. Dibawa kencang juga mantap karenan tarikannya yang enteng.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Motor Injeksi: Haruskah Pakai Pertamax?

0 comments:

Post a Comment