Informasi Seputar Dunia Otomotif

Nov 24, 2015

Inilah 10 Spare Part Motor yang Sering Rusak

Topik Oto - Pasti akan sangat menyebalkan jika kita sedang asyik diperjalanan, motor anda tiba-tiba mogok di tengah jalan, atau motor menjadi terasa aneh dan tidak nyaman untuk dikendarai. Banyak yang bisa menyebabkan hal ini. Untuk mengetahui penyebabnya anda bisa cek dulu 10 spare part yang paling sering rusak. Dengan mengenali ini anda akan lebih mudah dan terarah untuk memecahkan masalah yang terjadi pada motor anda.

Penasaran, apa saja spare part yang paling sering bermasalah? Langsung saja kita simak dibawah ini:

1.Busi
Busi merupakan spare part yang paling sering bikin motor mogok ditengah jalan. Walaupun ukurannya kecil tetapi busi sangat memegang peranan penting untuk kehidupan motor anda.

Biasanya, jika motor mogok ditengah jalan kemudian anda membawanya ke bengkel terdekat, maka hal pertama yang akan dilakukan oleh bengkel adalah memeriksa si kecil ini.

Selain karena masa pakainya yang sudah habis, penyebab kerusakan busi juga bisa disebabkan karena terkena cairan.

Cairan bisa masuk melalui rongga yang ada pada busi, atau juga bisa disebabkan oleh masuknya oli ke ruang pembakaran. Sehingga busi menjadi basah dan tidak bisa memercikkan bunga api.

Selain itu, kesalahan penggunaan busi bisa menjadi biang keladinya, penggunaan busi dengan embel-embel racing pada mesin standar juga bisa memperpendek usia busi. Karena tidak sesuai dengan kondisi mesin, bahan bakar, juga pengapiannya.

Untuk itu sebaiknya gunakan tipe busi yang sesuai dengan motor anda, selain itu juga rutin cek busi motor anda apalagi setelah menerjang banjir.

2.Kampas Rem
Kalau kampas memang sudah pasti habis karena mengalami keausan. Baik pada sistem rem cakram maupun tromol, usia kampas rem memang terbilang cukup singkat.

Faktor yang mempercepat habisnya kampas rem ini ada banyak, diantaranya adalah, penyetelan rem yang terlalu kencang, dan penganut paham 'stop n go' bisa semakin mempersingkat usia part ini.

Selain itu, pengaturan posisi disk cakram yang tidak rata atau speleng juga dapat membuat kampas aus sebelah.

Untuk memperpanjang usianya gunakanlah kampas yang berkualitas, yang asli atau original. Juga selalu beli di toko spare part yang terpercaya.

Juga jangan lupa untuk melakukan setelan rem jangan terlalu kencang dan juga jangan terlalu kendor.

3.Bearing/Laher Roda
Semakin lama digunakan tentu laher akan menjadi aus, ini bisa membuat speleng dan membuat kampas rem aus sebelah. Jika laher sudah aus maka velg kita akan bergoyang-goyang.

Kok bisa sih besi setebal dan sekeras itu aus, apa yang menjadi penyebabnya? Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, tetapi yang paling sering adalah jalanan yang berlubang.

Lalu bagaimana dong supaya laher gak cepat aus? Jawabannya cukup sederhana, belilah laher yang sudah teruji kualitasnya, dan jalan yang berlubang, kecuali kalau kepaksa hehe...

4.Komstir
Saat kita melalui jalanan yang berlubang, bukan hanya bearing atau laher saja yang akan rusak, tetapi juga berpengaruh pada komstir.

Untuk hal penyebab kerusakan yang menyebabkan kerusakan pada part ini bukan hanya jalan berlubang saja tetapi, salah pemasangan bisa jadi penyebabnya.

Untuk produk komstir yang asli alias original memang harga part yang satu ini cukup mahal. Namun anda juga bisa menemukan komstir dengan kualitas gak jauh beda dengan harga yang lebih bersahabat.

5.Bohlam
Ini dia part yang sangat membantu kita menyusuri jalanan gelap di tengah malam. Part yang ini juga termasuk yang sering mengalami kerusakan alias putus.

Tanpa pandang bulu mulai dari lampu utama, sen, dan rem juga sering putus. Mungkin memang karena kualitas bohlam jaman sekarang yang kurang bagus.

Tapi mungkin juga kelistrikkan anda yang bermasalah yang bisa menjadi penyebabnya.

Sebelum menyalahkan bohlamnya sebaiknya periksa dulu kelistrikan motor anda, jika sudah bagus berarti memang bohlamnya yang kurang berkualitas.

Kalau sudah dipastikan kelistrikkannya bagus, maka sebaiknya ganti saja lampu wolfram standar dengan lampu LED.

Lampu LED selain memiliki keunggulan dibidang konsumsi dayanya yang hemat, juga umurnya yang lebih panjang dibandingkan dengan lampu biasa.

Baca Juga: Bahaya Menggunakan Lampu LED untuk Kendaraan

6.Aki
Aki memang tergolong part yang bandel dan gak segampang rusak komponen diatas. Kerusakan yang bisanya dialami aki adalah tekor.

Biasanya penyebab tekornya aki adalah karena berlebihnya beban listrik. Atau pada aki basah biasanya karena anda tidak memperhatikan ketinggian airnya. Sekedar informasi, aki jaman sekarang umurnya lebih jauh lebih singkat dibandingkan dengan aki jaman dulu.

Anda bisa mengurangi beban listriknya untuk menjaga agar aki tidak mudah tekor. Kalau mau cara yang lebih mahal, anda bisa mengganti sistem kelistrikan motor anda. Dengan sistem fullwave supaya pengisian ke aki menjadi lebih besar.

7.Karet Seal
Seal karet ini digunakan dibanyak bagian pada motor anda. Namun, bisanya yang paling cepat rusak adalah seal pada sockbreaker, seal kruk as dan seal pompa oli.

Untuk seal sockbreaker biasanya rusak karena sering menerjang jalanan dengan medan yang berlubang dan tidak rata.

Kalau untuk seal pada mesin biasanya terjadi kerusakan apabila, mesin mengalami panas berlebih sehingga karet seal memuai.

Nah, cara untuk menghindari dari cepatnya seal rusak adalah dengan selalu membeli part yang original dan berkualitas.

Jangan segan masalah harga yang memang biasanya lebih mahal dari pada yang bukan original.

Untuk memperpanjang umur seal sockbreaker, anda sebaiknya berkendara dengan kecepatan yang lebih santai ketika menghadapi medan jalan yang berlubang.

Untuk karet mesin sendiri, seperti seal kruk as. Anda bisa mencoba untuk mengukur 'napas' dari mesin motor anda sehingga mesin tidak mengalami panas berlebih, yang dapat menyebabkan memuainya seal pada mesin.

8.Kabel Kopling
Buat anda yang memiliki motor yang menggunakan kopling, mungkin pernah mengalami bagaimana kesalnya saat kabel kopling tiba-tiba putus dijalan.

Pada beberapa motor kabel kopling ini sering mengalami putus, atau paling tidak menjadi seret, kalau kerusakannya tidak parah.

Hal ini terjadi karena disebabkan oleh dari kualitas kabel kopling yang buruk, atau bisa jadi karena adanya karat pada bagian dalam kabel kopling, seringnya terguyur hujan bisa menjadi penyebabnya. Selain itu, tentunya usia juga mepengaruhi.

Ketika gejala seret sudah mulai terasa sebaiknya ganti dengan kabel kopling yang baru dan yang memiliki kualitas baik.

Atau sebagai langkah perawatan anda bisa menyemprotkan pelumas ke dalam kedalam kabel kopling tersebut, agar mengurangi karat yang ada didalamnya.

9.Rantai dan Gearset
Memang sebenarnya part ini memiliki ketahan yang cukup lama, namun kadang kala part ini juga mengalami perubahan setelannya.

Usia part ini sebenarnya bisa mencapai tahunan, namun karena stelan yang terlalu kencang dan juga kerja beban motor yang terlalu berat, bisa menjadikan part ini aus dan mudah kendor.

Sepertinya kita pasti sudah tidak asing lagi dengan motor yang gearsetnya sama rantainya bunyi.

Lagi-lagi gunakanlah part yang berkualitas, yang bahannya terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga bisa tahan lama.

Selain itu, perhatikan juga setelan ketegangan rantai, jangan terlalu kencang juga jangan terlalu kendor.

Dan juga perhatikan beban motor, apabila motor sering mengalami kelebihan beban maka kinerja gearset dan rantainya juga akan menjadi lebih berat.

Anda juga bisa menambahkan part tambahan khusus untuk rantai atau istilahnya chain tensioner untuk mencegah rantai menjadi cepat kendor.

10.Ban
Mungkin anda pernah pusing ketika melihat ada yang aneh pada ban kita seperti misalnya, kok batiknya miring sebelah? Kok ban saya cepat aus yah? dan kenapa ban dalam cepat kempes atau bocor sih?

Baca Juga: Begini Cara Cek Kondisi Ban Motor Anda

Yang pertama penyebab batik pada ban menjadi miring sebelah adalah bisa jadi karena disebabkan oleh laher roda, atau komstir yang sudah oblak. Sehingga posisi roda sudah tidak center (berada di tengah) lagi.

Untuk itu cobalah sering dicek bagian rodanya agar terhindar dari miring sebelahnya batik pada ban anda.

Kemudian ban bocor atau kempes, untuk penyebabnya bisa beragam mulai dari teror ranjau paku yang disebar oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Kelebihan beban pada motor, dan juga dari penggunaan ukuran ban yang tidak sesuai atau terlalu kecil.

Untuk menghindari ban bocor karena kelebihan beban, selalu perhatikan beban maksimal yang bisa diangkut oleh motor anda.

Juga perhatikan ukuran ban luar dan ban dalam, apakah sudah sesuai ukurannya? Misalkan, apabila anda menggunakan ban luar dengan ukuran 3.00 janganlah menggunakan ban dalam dengan ukuran yang lebih kecil misalnya 2.00.

Itulah beberapa part pada motor yang sering mengalami kerusakan, selain karena faktor kualitas part yang digunakan, usia juga mempengaruhi kerusakan sebuah spare part. Semoga artikel yang saya bagikan kali ini bisa bermanfaat bagi anda...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 10 Spare Part Motor yang Sering Rusak

0 comments:

Post a Comment