Informasi Seputar Dunia Otomotif

Nov 24, 2015

Cara Memanaskan Mobil Injeksi

Topik Oto - Aktivitas memanaskan kendaraan sebelum digunakan memanglah suatu rutinitas yang dilakukan pengendaranya. Tak terkecuali untuk kendaraan roda empat seperti mobil misalnya.

Dengan memanaskan mesin mobil sebelum digunakan akan membantu sirkulasi oli, untuk melapisi setiap komponen penting yang ada di dalam mesin mobil anda.

Hanya saja, tahukah anda harus berapa lamakah memanaskan mobil sebelum digunakan. Dan apakah cara memanaskan mobil masih juga berlaku pada mobil yang memiliki sistem injeksi?

Pertama kita akan membahas tentang mobil yang menggunakan mesin injeksi, kemudian kita akan membahas mobil biasa yang menggunakan sistem pembakaran konvensional atau yang menggunakan karburator.

Mobil Injeksi
Para ahli mengatakan, kalau memanaskan mobil injeksi dianggap tidak perlu dilakukan. Para ahli beralasan bahwa, kebutuhan bahan bakar pada setiap proses pembakaran telah diatur oleh ECU (Elektronik Control Unit), sehingga mobil tidak membutuhkan suhu optimal kerja mesin, dari aktivitas memanaskan mobil.

Ketua bengkel Daihatsu Pondok Indah, Arwin Sinaga mengatakan bahwa, mobil jaman sekarang sudah menggunakan sistem injeksi, dan hanya perlu waktu 30 detik sampai 1 menit saja, dan jika dilakukan lebih dari itu hanya membuang-buang bahan bakar saja.

Cara lain untuk melihat apakah mobil sudah siap untuk jalan adalah, dengan cara melihat indikator temperatur mesin. Dalam keadaan normal, jarum akan perlahan-lahan naik ke posisi tengah. Setelah itu mobil siap untuk digunakan.

Selain itu, anda juga sudah tidak perlu khawatir dengan anggapan bahwa, mobil yang belum dipanaskan maka sirkulasi oli belum normal dan masih berada dibawah mesin mobil.

Alasannya adalah karena, kualitas bahan bakar yang beredar saat ini sudah jauh lebih baik, dengan satu catatan kalau kita menggunakan pelumas yang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan.

Kebanyakan produk pelumas yang ada saat ini, sebagian akan tetap menempel pada komponen dalam mobil, walaupun mesin dalam keadaan mati.

Intinya:
walaupun mobil anda sudah menggunakan sistem injeksi dan dianggap tidak perlu lagi memanaskan mesin sebelum digunakan. Karena ketika kita menyalakan mesin walau hanya 30 detik saja, suhu dalam mesin layak jalan dan tidak perlu dipanaskan berlama-lama. Jadi sebenarnya mobil injeksi itu tetap perlu dipanaskan tetapi waktunya yang lebih singkat, sehingga walau sebenar dinyalakan mobil kita sudah layak jalan.

Mobil Non Injeksi
Memanaskan mobil dengan mesin non injeksi atau yang menggunakan karburator cukup 5 menit saja, apalagi jika mobil anda sudah dilengkapi dengan indikator suhu mesin mobil yang biasanya terdapat pada bagian speedometer, jadi ketika indikator sudah menunjukkan 1/2 atau 1/3 mobil anda sudah siap untuk dijalankan.

Baca Juga: Benarkah Motor Injeksi Tidak Boleh Kehabisan Bensin

Jika kita terlalu lama melakukan pemanasan mesin mobil, hal itu dianggap tidak baik karena mesin akan mengalami overheating.

Juga saat anda memanaskan mesin motor anda, sebaiknya ketika memanaskannya jangan terlalu menggeber gas, karena hal ini bisa menyebabkan getaran atau putaran yang sangat berlebihan, yang dapat memengaruhi kondisi kedudukan onderdil di dalam mesin.

Sepertinya itu saja yang bisa saya bagikan untuk kali ini, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk melihat artikel lainnya di blog ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memanaskan Mobil Injeksi

0 comments:

Post a Comment