Informasi Seputar Dunia Otomotif

Nov 22, 2015

Motor Injeksi: Benarkah Tidak Boleh Kehabisan Bensin

Topik Oto - Pernahkah anda mendengar kalau mesin injeksi tidak boleh kehabisan bensin? Nah, kebetulan baru baru ini saya mendengar hal tersebut dan berusaha menemukan jawabannya. Katanya kalau motor injeksi kehabisan bensin bisa mengakibatkan motor menjadi susah dihidupkan, dan sebagai solusinya ya... harus di bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan reset ulang memakai alat yang dihubungkan dengan komputer.

Dari hasil pencarian dari berbagai sumber, ternyata hal tersebut tidaklah benar. Karena sistem injeksi yang sekarang sudah berbeda dengan teknologi injeksi dulu. sekarang para produsen motor yang menggunakan teknologi injeksi pada produknya telah mengklaim bahwa, teknologi injeksi yang mereka gunakan sudah tidak kena lagi dengan istilah masuk angin, jika kehabisan bensin.

Saat kehabisan Bensin fuel pump (pompa bahan bakar) secara otomatis akan menurunkan tekanan udara ketika bensin dalam tangki habis.

Motor akan berjalan dengan tersendat-sendat diiringi dengan suara brebet dari knalpot kemudian mesin akan mati dengan sendirinya.

Apabila memang terjadi kehabisan bensin seperti diatas, maka yang perlu kita lakukan adalah mengisi kembali bahan bakar motor kita, sesuai dengan spesifikasinnya. Kemudian motor akan kembali bisa dihidupkan.

Baca Juga: Cara Memanaskan Mobil Injeksi

Pada tahun 90 teknologi injeksi banyak digunakan pada kendaraan yang menggunakan mesin desel (system return pipe). Kelemahan menin injeksi jaman dulu adalah ketika kehabisan bahan bakar maka fuel pump akan dipaksa bekerja membawa udara kedalam mesin.

Akibatnya, udara akan terjebak didalam dan menghalangi aliran bensin dari fuel pump. Istilah yang populer digunakan untuk kejadian ini adalah "masuk angin".

Untuk mengatasinya maka pembongkaran pada mesin wajib dilakukakan untuk mengeluarkan udara yang terjebak didalamnya, kemudian diisi dengan bahan bakar agar bisa hidup kembali.

Walaupun teknologi injeksi hari ini sudah lebih baik dari tahun 90-an tetapi, pemilik motor injeksi tetap harus memperhatikan motornya agar tidak terlalu sering kehabisan bahan bakar.

Sebab jika motor injeksi terlalu sering mengalami kehabisan bahan bakar, bisa memperpendek usia sistem injeksinnya, seperti pada bagian fuel pump dimana ini adalah komponen utama untuk menyalurkan bensin pada mesin.

Jadi, sebaiknya anda harus segera mengisi bahan bakar,dan jangan tunggu sampai benar-benar habis. Mungkin anda juga tertarik untuk membaca yang ini: Motor injeksi harus pakai pertamax?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Motor Injeksi: Benarkah Tidak Boleh Kehabisan Bensin

0 comments:

Post a Comment