Informasi Seputar Dunia Otomotif

Nov 25, 2015

Cara Cek Kondisi Ban Motor Anda

Topik Oto - Ban merupakan bagian yang penting untuk dilakukan pengecekan sebelum berkendara. Sebab kondisi ban yang tidak baik bisa membahayakan pengendara. Untuk itu tema artikel kali ini adalah tentang bagaimana cara cek kondisi ban motor. Ciri-ciri apa saja yang perlu di perhatikan. Mari langsung saja kita simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Cek Kondisi Ban Motor?

Ada beberapa indikator yang bisa anda jadikan patokan, apakah ban sudah harus diganti atau belum. Untuk ban luar ada tanda segitiga yang terdapat pada bagian sisi ban yang biasa disebut tread wear indicarors (TWI) yang berfungsi sebagai batas penanda keausan ban yang diijinkan.

Baca Juga: Spare Part Motor yang Sering Rusak

Jika anda menemukan permukaan ban motor anda sudah menyentuh ujung tanda segitiga ^ maka ban motor anda sudah harus diganti dengan ban yang baru. Jika tidak diganti dikhawatirkan bisa membahayakan pengendaranya.

Ban yang sudah seperti ini daya cengkramnya pada aspal sudah jauh berkurang dari kondisi barunya. Jika anda menempuh medan yang berkelok-kelok dengan menggunakan ban yang sudah gundul seperti ini maka, akan terasa sering selip apa lagi pas turun hujan sehingga akan sangat membahayakan pengendara.

Ban yang sudah dalam kondisi begini juga berkurang kemampuan meredam getarannya. Sehingga jika anda melewati medan jalan yang berlubang akan terasa sekali guncangannya. Ini disebabkan oleh kondisi karetnya yang mulai mengeras.

Sekarang saatnya anda cek ban motor anda, apakah sudah menyentuh tanda segitiganya  ^ ? jika sudah maka itu tandanya harus segera diganti dengan ban yang baru.

Usia Maksimal Ban Sebelum Diganti

Usia ban tidak tergantung pada berapa bulan atau berapa tahun sebelum harus diganti. Sebaliknya ini tergantung dari seberapa sering anda menggunakan kendaraan anda untuk bepergian.

Semakin sering digunakan maka otomatis usia pakai ban pun semakin pendek. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa semakin sering dipakai berkendara maka ban pun akan semakin cepat aus.

Usia ban luar biasanya adalah sekitar 1 - 1.5 tahun untuk ban bagian depan dan 10 bulanan untuk ban bagian belakang. Perkiraan diatas bisa jadi lebih cepat atau juga lebih lambat tergantung dari frekuensi penggunaannya.

Untuk ban dalam terutama yang dibagian belakang, biasanya sering terjadi bocor ban yang penyebabnya bisa beragam. Sebaiknya jika sudah bocor lebih dari 5 kali ban harus diganti. Namun jika ban tidak pernah mengalami kebocoran bisa bertahan lebih dari 1 tahun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Cek Kondisi Ban Motor Anda

0 comments:

Post a Comment